top of page
Search
  • Writer's pictureFaith Fredella

Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Domino


Permainan domino yang kita kenal saat ini diperkirakan berasal dari Tiongkok. Meskipun sebetulnya fakta ini masih belum jelas, namun banyak sejarawan yg percaya jika Keung T'ai Kung merupakan seseorang yang menciptakan permainan ini pada abad ke 12 SM. Akan tetapi, ada sebuah catatan sejarah lain yang menunjukkan jika Hung Ming merupakan pencipta asli dari permainan domino. Dia membuat permainan ini agar para prajurit yang dia pimpin tetap bisa terjaga di malam hari untuk mengawasi musuh dari kamp. Meskipun sejarah asli domino masih simpang siur hingga saat ini, namun sudah dipastikan jika permainan domino pertama kali diciptakan di Tiongkok.


Kata domino sendiri sebenarnya berasal dari bahasa latin yaitu, dominus yang berarti tuan rumah. Meskipun permainan domino diciptakan di Tiongkok, namun permainan ini sangat populer di Eropa dan tersebar luas. Permainan ini sudah mengalami beberapa perubahan saat berkembang dan perubahan di Eropa. Oleh karena itu lah nama domino lebih dikenal dari pada nama aslinya yang berasal dari Tiongkok. Sama halnya seperti kartu remi, permainan domino juga sangat populer dan banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan karena permainan ini memiliki aturan yang mudah dimengerti dan tidak terlalu sulit untuk dimainkan. Masyarakat biasanya memainkan permainan domino untuk mengisi waktu luang atau untuk sekedar menghilangkan suntuk.


Ada beberapa macam jenis permainan yang bisa dimainkan dengan menggunakan kartu domino, salah satunya adalah permainan dengan jenis bloking. Permainan jenis bisa dimainkan oleh empat orang pemain, dan masing-masing dari pemain akan diberikan tujuh kartu domino secara acak. Setelah masing-masing pemain sudah mendapatkan kartu yang dibagikan, akan tersisa satu kartu yang akan digunakan sebagai awalan dari permainan. Di sini, masing-masing pemain akan melanjutkan barisan kartu domino yang sudah dibuka dan menyesuaikan jumlah kepingan yang terdapat pada kartu, para pemain akan terus melanjutkan barisan secara bergiliran dan akan saling memblokir kartu pemain lainnya.


Satu lagi jenis permainan yang bisa digunakan menggunakan kartu domino adalah kiu kiu. Dalam permainan jenis ini, pemain akan diberikan tiga kartu di awal permainan. Kepingan pada dua kartu akan dihitung dan nilai tertinggi adalah sembilan, setelah itu kartu keempat akan dibagikan dan jumlah kepingannya akan dihitung dengan kartu ketiga yang didapatkan sebelumnya. Untuk mendapatkan kemenangan dalam permainan ini, pemain harus mendapatkan nilai kepingan tertinggi dari empat kartu yang didapatkan.


Saat ini permainan domino masih sangat populer di semua kalangan masyrakat. Bahkan saat ini tersedia banyak sekali aplikasi yang menyediakan permainan ini, sehingga anda bisa memainkan permainan ini melalui ponsel seluler. Permainan QQ Online juga sudah bisa anda mainkan hanya dengan bermodalkan smartphone, anda hanya tinggal mengunduh aplikasinya di Google Playstore. Namun, jangan sampai lupa waktu jika anda bermain permainan domino dari ponsel anda ya? Sekian penjelasan tentang kartu domino yang saya ketahui, terima kasih telah membaca artikel ini.

1 view0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page